Bahan Paking, Perpak, Atau Perapat.
Paking, perapat, atau perpak merupakan bagian dari komponen mesin yang mempunyai fungsi yang sangat penting, sebagai Perapat, Peredam, antara dua komponen yang berpasangan, yang membutuhkan kerapatan. Dan juga sebagai pembatas pada zat cair, gas, maupun penyerap panas, pada suatu mesin yang bergerak, atau pada kendaraan bermotor. Maka keberadaan Paking (Perpak/ Perapat) sangatlah oenting seabgai penentu kesetabilan kerja pada komponen suatu mesin bermotor, yang membutuhkan kedap udara, atau kebocoran zat cair, gas, dll.
A. Syarat yang harus dimiliki pada Paking, bergantung pada,
a. Jenis gas atau zat cair yang bersangkutan.
b. Tekanan yang harus ditahan oleh paking tersebut.
c. Suhu yang berhubungan dengan bahan paking tersebut.
d. Cara pemasangan yang dilakukan.
Harus sesuai dengan sifat perapatnya, paking dibedakan menjadi :
1. Perapat Statis, digunakan untuk menyekat dua bagian yang tidak bergerak.
2. Perapat Dinamis, digunakan untuk bagian-bagian yang bergerak, misalnya perapat batang
yang bergerak bolak-balik dan perapat poros yang mempunyai gerak berputar.
B. Bahan Perapat atau paking
1. Bahan perapat metalik, misalnya dari logam putih, tembaga, aluminium, dan seng.
2. Bahan perapat bukan metalik, misalnya asbes, karet, fiber, gabus, klingrit, rami, kertas, karton, dan
kulit.
3. Bahan perapat setengah metalik, yaitu campuran atau lapisan dari metal dan bukan metal.
Contoh dari bahan tersebut adalah sebagai berikut;
2. Bahan perapat bukan metalik, misalnya asbes, karet, fiber, gabus, klingrit, rami, kertas, karton, dan
kulit.
3. Bahan perapat setengah metalik, yaitu campuran atau lapisan dari metal dan bukan metal.
Contoh dari bahan tersebut adalah sebagai berikut;
- Aluminium dengan plastik yang biasa digunakan untuk paking antara blok silinder dan kepala silinder motor
- Asbes yang ditenun dengan kawat tembaga, biasa digunakan sebagai pakin pada penutup silinder mesin. Bahan ini berifat kenyal dan kuat terhadap tekanan dan suhu tinggi.
- Cincin asbes yang diberi penguat dari kawat tembaga biasa digunakan pada lubang lalu orang atau (Manhole) dari ketel uap. Perapat ini bersifat kenyal dan kuat terhadap tekanan dan suhu tinggi.
- Karet dengan lapisan tinggi dalam dari kasa tembaga, dibuat dalam bentuk pelat, dan berfungsi untuk perapat statis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar